jerman

tadi pas jerman, kita2 lagi mbahas PROBLEME IN DIE FAMILIE

nah waktu mbaca bacaan yang di buku itu, kita disuruh ngasih contoh kalimat pake modal.
ada wollen, mogen, mussen, kannen, drusen.
nah, suatu kalimat, kalo ditambahin modal ini tadi, strukturnya jadi beda.
misal gini ya,

'ich spreche Deutsch'
trus contoh kalo dikasih tambahan wollen, jadi >> 'ich will Deutsch sprechen'

intinya, kalo dikasih modal, kata kerjanya jadi berakhiran -en

si ayak langsung pidato : 'wollen, sprechen, machen, gehen, fahren. apa lagi yaa? (ngeliat ke aku)'
aku cuma ngelirik ayak tanpa ekspresi. tapi terus dia ngoceh lagi : 'mussen, kannen, ..... (hening) em, enden. hahahahaa'
-_________________- enden itu dari namaku, ENDEK + akhiran -EN akhirnya jadi ENDEN. nyebelin banget si ayak ini.

nggak mau jadi korban ejekan, aku langsung mbales ayak : 'AYAK ples -EN = AYAN. hahaha (ngakak sambil nunjuk2 barbar si ayak)'
ayak cuma masang tampang membunuh sambil mukulin aku. eh ya biarin, haha balas dendam dong :p

oya, abis gitu, di bacaan itu ada kalimat 'unser hoffnung ist gering'
nah gering itu artinya tipis. waktu baca, aku langsung ngeliat ayak dengan tampang anarki, 'HAHAHAHAA, GERING. HAHAHA (nunjuk2 mukanya ayak)'

akhirnya sepanjang pelajaran jerman, aku ada panggilan khusus buat si ayak : AYAN GERING :)



Posting Komentar

2 Komentar

Aya mengatakan…
Duh bikin malu
kamu kan yg malu-maluin :p