am i gonna be 17 ??



HAPPY BIRRTHDAY TO YOOUU ...
HAPPY BIIRTHDAY TO YOOUU ...
HAPPY BIIIRTHDAY, HAPPY BIRRTHDAY
HAPPY BIRTHDAAY TOO YOOUUUU ....

Nyanyian happy birthday to you -yang aku gak tau sapa pengarangnya-, selalu terdengar mengalun lembut di acara acara ulang tahun anak jaman sekarang. Eits, nggak cuma muda-mudi nya aja yang boleh nyanyiin lagu ini. Di acara party-nya orang dewasa pun, lagu sederhana ini sering dilantunkan. Bahkan, kita kadangkala bernyanyi secara universal alias nggak mengenal umur dengan menggunakan lagu yang satu ini. Tanpa kita sadari, tiap kali ada yang ultah, pasti ujung ujungnya ini lagu bakal meluncur dengan lancar dari mulut kita.

Eh ya, emang kenapa sih kok ngomongin ultah? Sapa yang mau bikin party ya?
-.- Bukan aku, jangan nunjuk aku hee.
Masih lama' kan ultahnya?Gak boleh nodong nodong gitu doong sebelum waktunya

17 ..
Hm, angka yang nggak sedikit. Tapi juga nggak terlalu banyak.
Mayoritas orang bilang :
17 itu tanda kedewasaan seseorang
17 itu berarti kamu udah gede (ini mah anak tk juga udah tau. Orang umur 5 taun aja dibilang udah gede)
17 itu artinya kamu udah dapet SIM (?) ya test dulu dong -.-
17 itu menandakan kamu bukan anak kecil lagi (yaiya, tadi kan udah dibilang gede)
17 itu nggak manja
17 itu sweet banget diantar umur laennya

Dan seterusnya, dan seterusnya.
Padahal, kalo menurut versi orang bule, 18 lah tanda seseorang udah dewasa, matang, bertanggungjawab, mandiri dan siap buat hidup jauh dari ortu. Bahkan, seingetku, anak berumur 18 tahun baru boleh pacaran di negeri negeri barat sana.
Nah, Indonesia? TK aja udah punya gebetan -_________-'
Kontras ya, budaya sini dan sana? YA. Dan yang bikin aku mikir berjuta-juta detik lamanya, adalah ...

- apa iya, 17 itu tanda kedewasaan seorang anak?
- apa mungkin, kedewasaan seseorang itu cuma ditentukan oleh umur?
- apa nggak ada orang di dunia ini yang udah 17 taun tapi kelakuannya masih kayak anak SD?
- apa 17 tahun itu bener bener bertanggungjawab?
- apa 17 tahun itu bisa mandiri dan berdiri dengan jerih payahnya sendiri?
- apa 17 tahun itu sweet?

Aah, aku nggak percaya semuanya bener 100% . Yee, bukannya ngeles nggak mau nraktir pas ultah entar. Tapi kenyataannya, aku emang lebih suka masa masa endek yang masih berumur 16 tahun.

KENAPA?
Aku juga nggak begitu yakin sama alasanku dewe. Tapi, biasanya kalo ada yang bilang gini ke aku :
"ciyee, endek reek, mau 17 tauun, sweet reek, traktiiir" sambil pasang tampang bosen, aku bakal njawab "ah, enakan 16 taun" "................" pasti yang tadinya semangat, tuh anak jadi bengong,

"kenapa?" dan akhirnya aku menjelaskan apa yang ada di pikiranku saat itu
"17 itu belom tentu dewasa kan? Waktu aku 15 taun, rasanya pengeeeeen banget ndang 17 taun. Tapi begitu udah mendekati angka ke-17, kadang kadang aku malah kepikiran, kok aku udah tua banget yaa? Nah loh, enakan 16 kan, tengah tengah. Banyak kenangannya lagi, heuheu"
"..............." lagi lagi dia bakalan takjub 1001 malam *oposeh*

Yap, begitulah pemikiranku, yang terkadang, emang nggak bisa kebaca orang laen.
Mengutip kata katanya guru biologiku

10% yang orang lain ketahui tentang kamu, 25% persen yang orangtuamu ketahui tentang kamu, dan sisanya .. hanya kamu seorang yang tau gimana dirimu.

Maka, menurut quote diatas, udah bisa disimpulin 'kan, kalo apa yang aku judge-kan ke angka 17, adalah sesuatu yang beda dari orang lain -yang nggak mereka ketahui- dan hanya aku yang ngerti.

17, buatku, bukan apa yang mereka definisikan, bukan apa yang mereka pikirkan.
17 adalah penggeseran sejarah, pemutar maju kehidupanku, pemercepat ketuaan usiaku, dan penekan mentalku.

Kok bisa? Yaiya, dengan ditetapkannya angka 17 dijidatku, tanggungjawab dan emosiku bener bener perlu perubahan. Yang tadinya nggak konsekuen sama hal hal tertentu, sekarang harus memegang teguh yang namanya TANGGUNGJAWAB. Terus, soal emosi. Aku kadang labil, dan kalo udah mencapai 2 titik diatas normal, maka secara nggak sengaja bakalan ada insiden gunung meletus -.- Makanya, PENGENDALIAN EMOSI adalah hal yang sangat dibutuhkan di usia matangku ini. Eeh, mau matang, kan aku masih 16 ;)

Nah, buat kamu kamu yang mau 17 taun, atau malah udah 17 taun sewaktu masih duduk di bangku SMA, ati ati yaa. Di masa masa ini kita selalu sulit. Soalnya, umur 17 itu udah kudu nyari definisi JATI DIRI. Nah looh, kapoook hahaha. Udah yaa. kita ketemu lagi di postinganku nanti waktu umur 17 :*



I FEEL I'M STRONGER RITE NOW :')



Posting Komentar

0 Komentar