The Dissapointed Me

Well yeah.
Semalem abis terlibat obrolan berat sama ortu.
Gak kebayang juga sih, ternyata sampe segini sakit atinya aku.
Lebay mungkin, karena aku pikir juga, maksud ortu sebenernya cuma buat ngingetin, ngasih masukan dan menegur pas aku ada salah.
Cuma, yah aku emang rada sensitif kalo bicara masalah kegiatan pribadiku.

Misalnya aja pas nggarap tubes PA semester 2 kemaren ini.
FYI, seminggu sebelum pengumpulan, tubesku udah selesai.
Bukan yang udah diwarna, dijilid dll, tapi secara konsep dan sketsa udah mateng.
Nah, ternyata tiga hari menjelang pengumpulan, dospemku minta asistensi.
Pikirku waktu itu sih, daripada entar ternyata pas udah ngumpulin hasilnya mengecewakan cuma gara gara nggak asistensi (it means, dosennya nggak sreg/nggak suka sama rancangan kita), kan sayang buanget.
Apalagi aku udah masang target tuinggi, dapet nilai A.
Yaudah, aku putusin buat tetep asistensi.

Pas itu hari jumat malem aku nggarap bareng anak anak di mcd (kayak biasa).
Dalam semalem, Alhamdulillah konsep rancangan udah aku bikinin perspektif, tampak, potongan, denah, blablabla sebagainya.
Dan nggak memakan waktu lama juga sih, syukurlah. jadi bisa rada leha leha gitu.
Cuma ya itu, kepikiran sih besoknya bakal kena babat apa nggak, pas asistensi.

Dan ternyata emang belum beruntung.
Aku ngganti total. Total gaes.
Mulai dari awal lagi. Yang diterima cuma sebatas konsep bahan dan tema yang aku pake.
Udah.
Selebihnya aku harus ngulang dari awal. Semuanya.
Kalo ditotal mungkin ada hampir 20 gambar yang mau aku sajiin kemaren itu.

Tapi, karena niat awal yang udah keukeuh buat dapet nilai A, aku nggak peduli walaupun tiga hari ke depan, mulai hari itu (sabtu) harus rela nggak tidur sama sekali biar bisa kerja total.
Karena emang akhirnya aku bisa total, dengan hanya tidur 2 jam sehari.
Itupun pas kebangun ada rasa nyeselnya sih, kenapa pake tidur segala #curhat

Tapi, masalahnya adalah di pandangan ortuku.
Beliau beliau nganggep aku ini sama sekali nggak punya prioritas dalam ngerjain sesuatu.
Padalan wes tak jelasno kronologisnya seperti apa.
Tapi tetep aja kolot dengan pendapat mereka.
Yah, aku sih mbatin ae. Lagipula aku juga udah ngasih pembelaan, bahwa dunia kuliah sekarang dan dulu itu beda.
Apalagi jurusan yang aku geluti juga beda sama mereka.
Bahkan mungkin dalam kacamataku punya tingkat kerumitan yang lebih tinggi.

Terus, masalah kedua.
Aku kemaren abis ikutan lomba penulisan cerpen penerbit mizan.
Dan lagi-lagi, aku ngerjainnya mepet. Otomatis ngirimin naskahnya juga mepet.
Sehari sebelum, Sama kayak pas aku ngirim desain batik mojokerto.
Waktu itu juga sama persis, paginya baru kelar, dan siang langsung capcus ke kantor pos, ngepos kilat khusus.
Mungkin kalo ditinjau dari segi biaya ngirimnya, aku mafhum lah nek diprotes.
Yoyo, mahal. Dan aku juga rada nyesel kenapa harus make kilat khusus.
Tapi balik lagi.

Pekerjaan seni.
Walaupun udah ada deadline, tapi kalo yang namanya otak lagi buntu nggak ada ide, mau gimana?
Dipaksa?
Malah gak bakalan jadi, gak ada hasil -_-
Dan sebenernya kalo ditelaah lagi, apa sih yang bikin sulit?
Aku udah menyimpulkan, menurut pandanganku sendiri memang. Tapi, nggak tau yah, aku yakin aja gitu, emang disitulah letak kerumitannya.

Tau apa?
Pekerjaan seni selain melibatkan emosi pelakunya, melibatkan selera manusia juga.
Sekarang ya, kalo kita bikin suatu karya seni. Menurut kita bagus, tapi orang lain gak suka, aliase karya itu bukan selera mereka.
Terus digawe opo? Iya kalo duitnya banyak, dijadiin hobby dipajang dewe dirumah, gapopo.
Lah nek misal karyanya itu emang dimaksudkan buat dinikmati orang lain, apanya yang mau dinikmati kalo mereka nggak suka?
Selera orang, lagi-lagi.
Yawes itu sebenernya yang bikin aku kadang-kadang perlu berpikir keras, muter otak cari cara biar nggak aku tok yang bisa suka sama karyaku, tapi orang lain juga.
Satu hal penting ini yang nggak disadari sama ortuku.

Sedih sih.
Dianggep nggak bertanggungjawab sama apa yang diminati.
Aku suka nulis, nggambar, nyiptain lagu.
Suka hal-hal yang berkaitan sama seni.
Tapi aku kayak dipaksa buat mengikuti segala aturan yang bertentangan sama jiwa seniku.
Terus kudu yaopo?
Orang seni itu bebas, nggak punya batas.
Masio terikat deadline, tapi mbok ya jangan serta merta menyalahkan kalo baru bisa nggarap karyanya mepet mepet.
Nah kalo dapet idenya baru seminggu sebelum deadline? Sehari? Sejam?
Salah siapa :|

Ya emang sih, sebenernya ide itu bisa dipancing, tapi aku belum nemu metodenya. Masih cari sampe sekarang :3

Ah yasudah.
Aku sih ya berusaha sebisa mungkin buat terus ngelatih imajinasiku kalo pas bikin bikin begituan.
Menghindari begadang juga sih.
Bikin pipi kempot sama mata panda -_-
Lagipula, menghindari negluarin cost yang berlebih buat ngiriminnya.
Karena rata rata lomba yang aku ikutin itu kudu ngepos keluar kota.
Sialnya sih disitu. Kadang juga mager berangkat ngeposnya itu lho, bikin betek sama diri sendiri.

Yoweslah, pokoknya intinya aku juga berusaha biar nggak selalu kesusu kesusu kalo ngerjain sesuatu.
Yahaa, prioritas. ya, aku lagi ngelatih diri sendiri kok ;)
Maaf ya, beh, buk kalo kemaren rada marah marah.
Sakit ati sih, tapi yaudah sih hahahaha

Take it easy. maybe someday i'll regret my past if they didn't remind me about this :D
Thanks mom, dad, for your wise to teach me about the hard life outside there.
sayang babeh sama ibuk #peluk






p.s.: gara gara kejadian semalem, tiba tiba aja aku nambah satu lagi janjiku buat nanti, calon anak-anakku di masa depan (i wish i'd have 5 children). kalian anak2 yang bebas. asalkan bertanggungjawab, bisa menjaga diri, dan nggak merugikan orang lain. apapun yang kalian lakuin, lakuin yang sesuai sama hati kecil kalian. aku dukung. ya, itu janji bunda :) *ceile bunda jaree*
aah ya, masih beberapa taun lagi. tapi bisa jadi dua tahun lagi aku udah ngerasa waktu itu bakalan makin deket. who knows :p *poke LNS*



Posting Komentar

2 Komentar

Aya mengatakan…
Semangat abang ^^
iyasih. Kalo mepet deadline aku juga disalahin kenapa mepet2, coba dari dulu.

Kalo aku sih biasanya gara2 ngulang matkul, kata mamaku kenapa ga belajar nggetu sekalian, biar nggak ngulang lagi. Padahal uda nggetu belajarnya, ternyata masih kurang. Huft. Yasudah dinikmati saja. Toh kita yg menjalani :)
Kandi Wrahatnolo mengatakan…
iyaa hahaha
ya itu yak, balik lagi ke cara kerja otak. cari ide itu susahnya minta ampun kalo pas udah buntu tu tu :|
dipaksa malah gabisa hahaha
yaudahlah, toh yang penting aku enjoy aja kok masio mepet2 :p