fakta arsitektur

ehem, sejak kapan ya aku mulai tertarik sama dunia arsitek?
nggak tau pastinya, tapi seingetku, semenjak ibuk nawarin kuliah di ITS, teknik arsitektur.
dari yang cuma iseng njawab "ya," sampe akhirnya aku berandai-andai beneran kuliah disana.
tinggal 3 bulan lagi, aku harus cepet mutusin mau nerusin sekolah dimana. semakin hari, rasanya makin mantep pengen ngambil jurusan itu, tapi yaaah tau sendiri lah. buk-yang, nenekku di desa, pengeeeen banget punya cucu seorang dokter. karna, seperti yang udah aku ketahui, cucu buk-yang yang jadi dokter : NIHIL. ada sih, tapi cuma cucu mantu, mbak iparku, mbak luthfi, yang sekarang istrinya mas angky.

di satu sisi, aku pengen bikin ortu dan semua keluargaku bangga, bahagia. dengan jadinya aku seorang dokter, mungkin ntar nggak perlu susah2 nyari dokter spesialis kalo sakit, yaah tinggal call my name gitu. hahaha
tapi, di sisi lain, di sudut terdalam hatiku (ciyee), aku puengen jadi arsitek. entah kenapa punya pikiran seperti itu, tapi, aku pernah berkhayal, bahwa dengan jadinya aku seorang arsitek, aku juga bisa nerusin kegiatan menulisku. YA, aku juga pengen jadi penulis. sementara, kalo aku jadi masuk kedokteran, mungkin aja, aku nggak punya waktu buat sekadar buka blog, mosting, atau apalagi nulis novel. NON SENSE. secara, tau dong kerjaannya mahasiswa kedokteran itu gimana (gimana sulitnya).

nah, hari ini, karna aku lagi semangat2nya ngomongin soal arsitektur, makanya aku mosting beberapa fakta sejarah tentang arsitek. let's check it out!

1521, edisi Architectura De, diterjemahkan dan diilustrasikan oleh Cesare Cesariano.
1. De Architectura : ditulis oleh Arsitek Romawi, Vitruvius dan didedikasikan untuk pelindungnya, Kaisar Agustus sebagai panduan untuk proyek pembanguna. Karya ini salah satu sumber yang paling penting dari pengetahuan modern metode pembangunan Romawi serta perencanaan dan desain struktur, baik besar (saluran air, bangunan, mandi, pelabuhan) dan kecil (mesin, alat ukur, instrumen).  Ia juga sumber utama dari cerita terkenal Archimedes dan penemuan mandi-waktu.
Naskah dari Vitruvius; perkamen berasal dari sekitar 1390
Mungkin ditulis sekitar 25 SM , itu adalah sumber kontemporer yang hanya pada arsitektur klasik dapat bertahan secara keseluruhan. Terbagi menjadi sepuluh bagian, mencakup hampir semua aspek dari arsitektur Romawi. Buku-buku dipecah sebagai berikut:
  1. Perencanaan kota , arsitektur, dan kualifikasi yang dibutuhkan dari arsitek atau lebih modern dari insinyur sipil
  2. Bahan bangunan
  3. candi
  4. kelanjutan dari buku 3*
  5. bangunan sipil
  6. bangunan domestik
  7. trotoar dan dekoratif plasterwork*
  8. persediaan dan saluran air
  9. Ilmu yang mempengaruhi arsitektur ; geometri, pengukuran, astronomi, dan jam matahari (sundial)
  10. Penggunaan dan pembangunan mesin2 pengepungan Romawi, pabrik air, mesin drainase, dan pneumatik
    *proporsi manusia (Buku 3) dan canones nya kemudian dikodekan dalam gambar yang sangat terkenal oleh Leonardo da Vinci (Homo Vitruvianus, " Vitruvian Man ")*

    *The Vitruvian Man terkenal di dunia. Merupajan gambar yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci di sekitar 1487 tahun. Hal ini disertai dengan catatan berdasarkan karya arsitek terkenal, Vitruvius. Gambar yang dibuat dari sebilah pena dan tinta di atas kertas, menggambarkan sosok laki-laki di dua posisi dilapiskan dengan tangan dan kaki terpisah dan sekaligus tertulis dalam sebuah lingkaran dan persegi. Gambar dan teks kadang-kadang disebut Kanon Proporsi atau, lebih jarang, Proporsi Manusia. Hal ini disimpan dalam dell'Accademia Gallerie di  Venesia, Italia.
    Vitruvian Man, ilustrasi dalam edisi "De Architectura" oleh Vitruvius; diilustrasikan edisi oleh Cesare Cesariano (1521)
    Vitruvian Man , oleh Leonardo da Vinci

    *Plaster board digunakan untuk membuat dinding interior dengan dipaku ke dinding stud. Ini terbuat dari gipsum dan plester dan terikat untuk kertas atau papan serat. Plaster board juga dapat digunakan untuk membuat langit-langit

    *Pneumatik (Yunani : πνευματικός, pneumatikos) berasal dari kata dasar "pneu" yang berarti tekanan udara dan "matik" yang berarti ilmu atau hal-hal yang berhubungan dengan sesuatu; sehingga arti lengkap pneumatik adalah ilmu/hal-hal yang berhubungan dengan tekanan udara.


    2.
    namanya mesin DEWATERING
    Dia menjelaskan pembangunan sekrup Archimedes dalam bab X, meskipun tidak menyebutkan nama Archimedes. Itu adalah perangkat secara luas digunakan untuk mengangkat air untuk mengairi ladang dan tambang dewater. mesin pengangkat lain ia menyebutkan termasuk rantai tak berujung dari ember dan air melampaui reverse-roda. Sisa-sisa roda air yang digunakan untuk mengangkat air telah ditemukan di tambang tua seperti di Rio Tinto, Spanyol dan Dolaucothi di Wales barat. Salah satu roda dari Rio Tinto sekarang di British Museum, dan yang terakhir di Museum Nasional Wales. Tetapi yang ditemukan saat ini ranjau yang kembali dibuka dalam upaya pertambangan modern. Mereka telah digunakan dalam urutan vertikal, dengan 16 pabrik tersebut mampu mengangkat air setidaknya 96 kaki di atas meja air. Setiap roda akan dikerjakan oleh seorang penambang menginjak perangkat di bagian atas roda, dengan menggunakan cleat di tepi luar. Bahwa mereka menggunakan perangkat tersebut di tambang jelas menyatakan bahwa mereka sepenuhnya mampu menggunakan mereka sebagai roda air untuk mengembangkan kekuatan untuk berbagai kegiatan, bukan hanya untuk menggiling gandum, tapi mungkin juga untuk menggergaji kayu, menghancurkan bijih, fulling dan seterusnya .
    (btw, awalnya aku nggak ngerti kenapa mesin itu dinamain 'DEWATERING'. pikiran konyolku menebak asal : ya, itu kan diciptain sama orang jenius, yang DEWA akan ilmu eksak, jadi namanya DEWATERING. tapi belakangan, aku baru ngeh kalo bahasa romawi selalu pake kata bantu 'De' buat menunjukkan 'sebuah'. dan nama DEWATERING maksudnya adalah : SEBUAH RODA AIR -.-).

    naah, karna baru menjelaskan arsitektur dari 2 sub bahasan aja udah menghabiskan 1 lembar halaman posting yang cukup menguras tenaga, akhirnya, aku memutuskan, kalian harus baca dewe di link yang udah disebutin.
    okee, sampe sini dulu yaa, bubyee :)




    Posting Komentar

    0 Komentar